Selasa, 06 Agustus 2013

Informasi Jurusan ITB : Fisika

Fisika merupakan salah satu pilar utama ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat memberikan pemahaman terhadap fenomena fisis serta kemungkinan aplikasinya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Program Studi Sarjana Fisika mendidik mahasiswa agar menjadi lulusan yang memiliki pengetahuan dasar fisika yang kuat; mampu beradaptasi dan berkompetisi dalam era globalisasi; mampu memformulasikan dan menyelesaikan masalah secara logic dan sistematis; serta berperilaku seperti perilaku seorang saintis. Dengan demikian lulusannya dapat bersaing di berbagai bidang, termasuk bidang non-fisika. Matakuliah yang diberikan di Program Studi Sarjana Fisika terdiri dari matakuliah wajib berupa matakuliah ilmu dasar fisika yang berfungsi sebagai perangkat pengamatan, analisis, dan untuk mendeskripsikan keadaan serta interaksinya.


Dalam tahapan lanjut, diberikan pengayaan/pendalaman fisika lanjut serta matakuliah pilihan dalam beberapa bidang, seperti : Fisika Teori; Fisika Material Elektronik; Fisika Magnetik dan Fotonik; Fisika Bumi; Fisika Komputasi; Fisika Nuklir dan Reaktor;  Biofisika dan Fisika Medis; serta Fisika Instrumentasi. Matakuliah dasar sain dan matakuliah keahlian diberikan dengan tingkat yang memadai bagi mahasiswa untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, mahasiswa dibekali pula dengan transferable skill, seperti : penguasaan bahasa asing, teknologi informasi dan komunikasi dan kewirausahaan. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melatih kemandirian dan mengembangkan kemampuan meneliti melalui matakuliah Kerja Mandiri Terpantau, Kerja Praktek dan Tugas Akhir. Lulusan program sarjana Fisika telah bekerja di berbagai bidang dan profesi, seperti : pendidikan, industri (pertambangan, perbankan, elektronika, teknologi informasi & komunikasi dan lain-lain), riset dan pengembangan di instansi pemerintah dan instansi swasta.


Prospek Kerja
  • Perminyakan dan Pertambangan : PERTAMINA, Total Indonesia, Caltex, Schlumberger , PT Aneka Tambang, Freeport, PT Timah. Lulusan Fisika dapat memulai bekerja sebagai seorang field engineer pada perusahaan-perusahaan ini, yang nantinya akan bisa berkembang karirnya.
  • Industri Manfaktur dan Industri Telekomunikasi: PT LEN, PT INTI, Samsung, ASTRA Int. , PT Telkom, Siemens, Satelindo. Pada industri ini lulusan Fisika dapat bekerja di bagian Research and Development dan juga dapat bekerja sebagai seorang QA/QC (Quality Assurance / Quality Control) .
  • Industri Keuangan dan perbankan : Asuransi, Danareksa, Bank . Lulusan fisika juga dapat bekerja di lembaga keuangan baik itu bidang asuransi, perbankan, maupun lembaga keuangan lainnya baik sebagai tenaga pemasar, audit internal, atau credit analyst officer.
  • Industri Teknologi Informasi : DELL, Oracle, IT Professional. Banyak lulusan Fisika yang akhirnya terjun menjadi seorang professional dalam bidang IT, mereka dapat bekerja sebagai seorang software developer di berbagai perusahaan.
  • Institusi Riset dan Pengembangan : LIPI, BATAN, BPPT. Menjadi seorang peneliti di lembaga-lembaga penelitian baik milik pemerintah maupun swasta merupakan pilihan yang bisa dipertimbangkan.
  • Institusi Pendidikan. Menjadi seorang guru atau seorang dosen bukanlah suatu hal yang sulit bagi lulusan Fisika, dengan mengabdikan diri sebagai guru/dosen, teman-teman turut membantu masa depan bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar